BEGINI CARA MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN PROBIOTIK DI KOLAM IKAN

BEGINI CARA MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN PROBIOTIK DI KOLAM IKAN


Sering pengguna Probiotik mengalami kesulitan memaksimalkan  hasil penggunaan probiotik di kolam ikan. Kolam sudah diaplikasi probiotik, tapi air masih bau, ikan masih mengambang, nafsu makan masih rendah, pertumbuhan lambat dan lain lain. 

Ada beberapa hal yang harus diketahui petani dalam penggunaan probiotik. 
1. Probiotik sesuai cara pengaktifanya  dibedakan atas 2 bagian yaitu :
a. Bakteri Anaerob (pengaktifan dengan menggunakan oksigen)
b. Bakteri Anaerob (pengaktifan dengan tanpa oksigen atau tertutup rapat)
2. Perkembangan dan Efektifitas bakteri sangat dipengaruhi oleh suhu (suhu optimum 33 derajat Celcius). Sehingga kalau musim dingin (bediding) sering hasil fermentase bakteri tidak maksimal. Oleh karena itu perlu disiasati dengan cara menambah suhu (menempatkan tempat fermentase di tempat yang bisa disinari matahari) Atau menggunakan Heater/pemanas listrik dgn pengatur panas dan aerator utk memastikan panas tersuply  ke seluruh air. 
3. PH air juga sangat mempengaruhi efektifitas bakteri, sehingga perlu dikondisikan pada pH 6,5 - 7,4 supaya lebih sesuai dengan pertumbuhan bakteri. 


Cara fermentase dan aplikasi PROBIOTIK BIOVISI di bawah ini mungkin bisa menjadi alternatif bagi para petani ikan terutama kolam buatan (kolbun/terpal dan beton).

I. Aplikasi Biovisi Nitro untuk memperbaiki Air Kolam Ikan. 

DOSIS BIOVISI NITRO : 0,1 – 0,25 CC/ Liter air
2  
Sebelum diaplikasi, difermentase dulu dengan cara :
-          Wadah isi 25 liter, Isi dengan air 20 Liter
-          Tambahkan dengan Pakan lele halus : 200 gram atau 1 % dari total air
-          Tambahkan dengan Tetes tebu : 200 cc atau 1 % dari total air
-          Tambahkan dengan Urea : 100 gram atau 0,5 % dari total air
-          dimasukkan biovisi nitro 1 gelas (200 cc).
-          Kalau pake aerator, maka setelah 12 jam sudah siap untuk diaplikasi.
-          Pasang heater dan aerator utk memastikan suhu air di 33-35 derajat Celcius selama 2 x 24 jam. Jika tidak pakai heater dan  aerator, maka tutup dan letakkan ditempat yang bisa kena sinar matahari setiap 24 jam dibuka dan diaduk selama 10 menit dan ditutup lagi. Setelah 2-3 hari siap diaplikasikan dengan dosis 0,1 – 0,25 cc/liter air kolam.

Cara Penggunaan :
3.       Cth kolam dengan luas 3x4x1M = 12M3  atau 12.000 liter air. Jadi dosis pemakaian adalah : 1.200 cc atau 1,2 Liter/ kolam s/d 2,5 liter/kolam.
4.       Diulangi setiap 2 hari sekali dan sebelum diaplikasi, sipon (buang kotoran ikan di dasar kolam dgn cara membuka outlet/ lubang pembuangan kira kira 10-25 detik) kemudian tutup lagi. Sebaiknya aplikasi dilakukan pagi hari sebelum dipakani untuk mendapat bantuan sinar matahari menambah suhu air.
5.       Jika dalam pengaplikasian tidak mampu mengubah air kolam dan masih bau, maka kemungkinan karena volume kotoran ikan sudah terlalu banyak, atau bakteri nitronya mati. Oleh karena itu perlu diulangi lagi dan dilakukan penambahan oksigen dgn aerator.
6.       Hasil fermentasi paling lama dipakai selama 6 hari dan jangan lebih, karena kemungkinan bakterinya akan mati dan malah meningkatkan bahan organik dan asam …….yang bisa menurunkan pH dalam air. Sehingga pembuatan fermentasian disesuaikan dengan kebutuhan dan selanjutnya dikultur lagi.

Hasil yang diharapkan :
1.       Air kolam akan berwarna coklat kehijauan menandakan pitoplankton yang dihasilkan sudah bisa dikontrol oleh zooplankton yang ditumbuhkan oleh bakteri nitrobakter dan nitrosomonas dalam probiotik biovisi.
2.       Kondisi demikian akan bagus karena bakteri dalam menguraikan feces dan sisa pakan akan merubah CO2 menjadi O2 terlarut sehingga tercukupi untuk ikan
3.       Bakteri pathogen akan bisa ditekan sehingga tidak menyebabkan penyakit pada ikan.

SSlamat mencoba. J

     Jika belum memiliki probiotik, kami menjual Probiotik khusu untuk air kolam yaitu Biovisi Nitro yang berisi bakteri Nitrifikasi dari strain Nitrosomonas, Nitrobakter, Pseudomonas dll.

    Info lebih lanjut hubungi kami di : 089503170460 (Vici Biovisi)

SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Iklan Tengah Post