Salah satu cara mengatasi WFD pada udang

Salah satu cara mengatasi WFD pada udang


Wfd (white feces disease) atau berak putih pada udang menunjukkan bahwa kualitas air sudah jelek.
Beberapa tulisan menyebutkan wfd dipicu oleh kadar bahan organik air yg melebihi 200 ppm...wow..200 ppm atau 2 ton/ha.

Bahan organik yg membusuk menjadi sarang protozoa/ parasit gregarin dan bakteri vibrio (pathogen) penyebab utama rusaknya pencernaan udang sehingga proses pencernaan nutrisi pakan tidak sempurna, ditandai dgn feces putih (berak putih) mengambang.

Hingga sekarang hampir tidak ada obat yg ampuh utk mengatasinya. Tetapi selalu ada solusi utk mereduksi/meminimalisir kerugian jika udang mengalami wfd (apalagi belum terlalu menyebar).

Dari berbagai diskusi di grup grup komunitas udang, langkah strategis yg dilakukan adalah secepatnya mengganti air dgn tujuan membuang sebanyak banyaknya bahan organik dan protozoa/parasit penyebab wfd. Tindakan ini perlu kehatihatian supaya udang tidak tambah stress. Penggantian air bisa dilakukan secara simultan sehingga dalam 3-4 hari 100 % air sudah terganti.

Apakah masalah selesai?? Belum. Karena protozoa/parasit  sudah ada yg bersarang di usus udang. Nah utk mengatasinya tindakan yg paling utama adalah menambah daya tahan udang dengan pemberian multivitamin dan stamino. BIOVITAGEN https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2204324959783564&id=100006182434349 mengandung berbagai vitamin dan stamino yg bagus utk udang.



Apakah cukup dgn pemberian multivitamin dan stamino?? Belum..
Penanganan air supaya kondisi/kadar bahan organik dari sisa pakan dan kotoran udang tidak terlalu pekat dan membusuk perlu ditambahkan PROBIOTIK https://www.biovisi.id/2019/08/kenapa-alam-perairan-ikan-udang-butuh.html?m=1 dari strain Nitrisfikasi. Tujuanya adalah utk menambah bakteri nitrifikasi baik dalam air sehingga mampu mengimbangi penguraian  bahan organik dalam air yg setiap hari bertambah dari sisa pakan dan kotoran udang.


Disamping itu disarankan pemberian obat herbal (alami) dari ekstrak daun jambu klutuk, temu putih, temu hitam utk membantu penyembuhan usus dari serangan protozoa/parasit/bakteri jahat.

Tulisan ini bukan rumus pasti. Tetapi berusaha membuka wacana bagaimana mengatasi atau minimal mereduksi kerugian yg ditimbulkan wfd.

Berharap koreksi dan masukan membangun dari semua pihak yg membaca demi kemajuan budidaya udang di bumi pertiwi Republik Indonesia.
Dirgahayu RI ke-74.
Merdeka.
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Iklan Tengah Post