Kenapa Alam (perairan) ikan/ udang butuh probiotik?

Kenapa Alam (perairan) ikan/ udang butuh probiotik?


Terkadang jengkel juga melihat penjual probiotik di medsos. Belum apa apa sdh nawarkan produk.

Sebenarnya apa fungsi probiotik utk budidaya ikan/udang??

Fungsi dan tujuan probiotik utk perikanan tak lain dan tak bukan adalah utk mengembalikan fungsi alam hayati sebagaimana awalnya ikan/udang hidup di alam.

Faktor pendukung kehidupan ikan/udang di alam adalah air yg terdiri dari sekumpulan biota air yg hidup dan berkembang di air tsb. Ada plankton (zoo plankton/hewan mikro dan phitoplankton/tumbuhan mikro).
Ada oksigen terlarut, ada ganggang, lumut, N,P,K, ada kandungan mikro seperti Al, Fe, B, dll. Kesemuanya itu menjadi kesatuan pendukung utk daya hidup ikan/udang.

Ketika lingkungan kolam buatan dijadikan tempat pemeliharaan ikan/udang secara tradisi, semi intensif maupun secara intensif maka keberhasilan budidaya tsb ditentukan sejauh mana kita mampu mengembalikan kondisi perairan di alam utk disajikan di dalam kolam buatan selama pembudidayaan.

Fokus pembudidayaan yg menitikberatkan kepada pakan berprotein tinggi, mekanisasi budidaya seperti pembuatan kincir air, aerator, sipon, penambahan mineral, pengukuran indikator air seperti pH, DO, Salinitas, Suhu tujuanya adalah bagaimana supaya kondisi lingkungan kolam menyerupai kondisi di alam walaupun karena kerapatan tanam, penggunaan bibit unggul umur pendek menjadi tantangan tersendiri yg membutuhkan biaya tinggi, sdm dan manajemen budidaya berbiaya tinggi.

Satu hal yg sangat vital (walaupun secara biaya tergolong murah) yg sering dinomorsekiankan adalah PROBIOTIK.

Kenapa probiotik disebut vital?? Karena fungsinya yg menjadi pabrik pengolah sampah budidaya supaya tdk merusak air, Pabrik pembentuk Nitrat yg akan merangsang tumbuhnya planktonbsebagai produsen oksigen terlarut dan satu sisi pendukung pertumbuhan yg sangat penting bisa diperbanyak sesuai dengan kebutuhan asalkan kita mampu menyediakan daya dukung kehidupan bakteri selama proses pengayaan/fermentase.

Fungsi probiotik juga bisa menjadi penyelamat budidaya perikanan di sekitar lingkungan tempat tinggal (kolam buatan terutama ikan lele yg sangat digandrungi dewasa ini karena tingginya kebutuhan ikan berkumis tsb). Probiotik bisa mengubah bau busuk air kolam shg menjadi tidak berbau dgn cara proses oksidasi bahan organik yg sempurna. Sehingga keberlangsungan budidaya tdk mengganggu lingkungan (tdk menimbulkan polusi).

Tetapi perkembangan pengetahuan petani thd manajemen dan penggunaan probiotik tidak semutakhir pengetahuan budidaya ikan/perikanan menyebabkan masih banyak petani yg belum mampu secara maksimal memanfaatkan fungsi yg begitu besar dari probiotik.

Saran saya sbg pemulia bakteri, pendukung budidaya perairan berbasis alami, menyarankan ketika petani membeli produk probiotik, mintalah penjelasan yg mendetail dari fungsi dan kegunaan produk tsb. Karena bagaimanapun juga, kemampuan petani perairan memaksimalkan penggunaan probiotik akan menjadi penentu utama keberlangsungan budidaya yg semakin keras persainganya.

Ditulis sambil menikmati kopi dan sebatang rokok pagi ini 14/08/2019.

Diskusi terkait probiotik?? Siapa takut..silahkan di 089503170460

Biovisi Nature Product
Produsen Biovisi Probiotik.
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Iklan Tengah Post